Pages

Ads 468x60px

Selasa, 30 Oktober 2012

Salah Gunakan Karya, Apple Dituntut Fotografer

Santi Dwi Jayanti - detikinet

Jakarta - Apple lagi-lagi harus berurusan dengan masalah hukum, namun kali ini masalah yang datang tidak digulirkan oleh perusahaan teknologi yang menjadi rivalnya.

Alih-alih, sebuah tuntutan pada perusahaan Cupertino itu dilancarkan oleh seorang fotografer. Adalah Sabine Liewald, fotografer asal Swiss yang menuding Apple telah menyalahgunakan foto karyanya.

Liewald, membawa kasus itu ke ranah hukum atas foto bertajuk 'Eye Closeup' yang digunakan Apple untuk mempromosikan MacBook Pro 15 inch dengan Retina Display.

Dipaparkan oleh Liewald, Apple memang telah membeli hak pemakaian image itu dari agennya di New York, Factory Downtown, namun untuk tujuan layout (comping) saja. Dan yang terjadi belakangan adalah, foto mata dengan make up itu juga dipakai untuk keperluan kampanye iklan MBP tersebut, demikian seperti dikutip dari Cnet, Minggu (14/10/2012).

Tuntutan yang diajukan di pengadilan distrik Amerika Serikat itu juga berisi permintaan ganti rugi dan nominal lainnya. Atas tuntutan ini, Apple belum mau berkomentar.

0 komentar:

Posting Komentar